Jawa Barat Juga Punya Batik Motif Sendiri Lho, Benarkah?

Kain batik yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Hal ini disebabkan karena budaya yang berbeda dari setiap daerahnya masing-masing.

Akan tetapi, menurut Shendy Yusuf selaku Ketua Yayasan Batik Jawa Barat, semua wastra di Indonesia, terutama di Jawa Barat, sangat bagus.

Menurutnya, pemilihan motif atau pun motif yang paling laku juga akan sesuai dengan selera penggunanya.

“Sebenarnya enggak ada yang paling laku, itu selera. Karena seni itu tidak bisa dinilai,” ucapnya usai acara Bravo Madame, talkshow bersama Yayasan Batik Jawa Barat di Galeries Lafayette Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Dia melanjutkan, bagus dan jeleknya tidak bisa dinilai, sebab kesukaan terhadap kain batik ini tentu sesuai dengan selera dan masing-masing kain batik memiliki keindahan dan kekhasannya.

Sementara itu, untuk di Jawa Barat sendiri, batik yang dari dulu sudah ada itu ada di daerah Cirebon dan Indramayu, yang termasuk pesisiran. Kain batik persisiran ini identik dengan motif biota laut dengan menggunakan warna-warna cerah dan terang.

Di daerah pesisir seperti Cirebon sendiri, sangat dikenal kain batik bermotif megamendung, batik lok can dan iwak etong dari Indramayu.

Selain itu, ada pula yang termasuk ke dalam batik wilayah priangan, yang mencakup daerah seperti Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.

Berbeda dengan kain batik pesisiran, batik priangan ini identik dengan motif seperti burung, ayam, kupu-kupu, dan bunga, serta menggunakan warna yang lebih soft dan bukan warna yang ngejreng.

0 Response to "Jawa Barat Juga Punya Batik Motif Sendiri Lho, Benarkah?"

Posting Komentar